Now you can Subscribe using RSS

Submit your Email

Jumat, 16 Februari 2018

Peranan Konsep dalam Mempromosikan Wisata Rawa Bangun

Rawa Bangun

WISATAALAMRAWABANGUN.blogspot.co.id -- Sejarah singkat Desa Batetangnga adalah sebuah desa di Kecamatan Binuang, Kabupaten Polewali Mandar, Sulawesi Barat, Indonesia. Desa ini terletak di kaki bukit dan memiliki sebuah daya tarik wisata alam Rawa Bangun. Jumlah penduduk di Desa Batetangnga sebanyak 5.766 jiwa, dengan 11 (sebelas) Dusun. Menurut data tahun 2011, tercatat anak-anak di Desa Batetangnga yang mengikuti jenjang pendidikan formal adalah TK sejumlah 538 anak, SD/MIN 360 anak, SMP/MTs 555 anak, SMA/MA 345, dan yang menempuh pendidikan di Perguruan Tinggi/Universitas sejumlah 235 orang. Mayoritas penduduk Batetangnga adalah Suku Pattae, dengan sebagian besar profesinya adalah bertani. Namun kini mulai ditemukan guru besar dan akademisi lainnya. Kini desa ini juga dikenal dengan wisata edukasinya yang menawarkan kelas di alam terbuka Rawa Bangun.

Dalam mengunjungi suatu destinasi atau daya tarik wisata sangat dibutuhkan adanya informasi, pemasaran ataupun petunjuk arah dalam memudahkan wisatawan untuk menemukan daya tarik wisata yang ingin dikunjungi. Ketiga aspek tersebut tidak dapat dipisahkan. Pemasaran, informasi, dan petunjuk arah saling berpengaruh penting dalam pengembangan suatu destinasi, dikarenakan wisatawan akan memanfaatkan ketiga aspek itu untuk mengunjungi daya tarik wisata tersebut (Mason, 2003). Informasi pariwisata adalah suatu sistem yang dapat memberikan atau menyajikan informasi mengenai suatu daya tarik wisata. Pemasaran pariwisata adalah suatu tujuan kegiatan wisata agar para konsumen yang ingin berkunjung dapat mengetahui bahwa ada sebuah produk atau jasa yang dijual di suatu daya tarik wisata. Direction  diartikan sebagai petunjuk arah suatu kegiatan atau ke suatu destinasi atau daya tarik wisata.

Rawa Bangun adalah salah satu daya tarik wisata yang berada di Dusun Biru, Desa Batetangnga Kecamatan Binuang. Tempat ini menjadi salah satu pilihan bagi wisatawan yang berkunjung ke Polewali Mandar. Pengunjung dapat memanjakan diri dengan suasana alam yang indah dan sejuk. Di Kawasan Rawa Bangun terdapat banyak pohon durian, rambutan, langsat dan beberapa buah lainnya yang menambah keasrian tempat tersebut. Di tempat ini, wisatawan dapat menikmati fasilitas yang ada, seperti mushollah, beberapa gazebo bambu, dan di bawahnya terdapat tempat pemeliharaan ikan. Adapun aktifitas yang dilakukan oleh wisatawan seperti memancing ikan, berenang, bernyanyi (karaoke) dan menikmati beberapa macam kuliner.

Wisata kuliner merupakan wisata untuk memenuhi kebutuhan wisatawan yang dibangun untuk rekreasi dan wisata alam Rawa Bangun pihak pengelola telah menyediakan beberapa macam kuliner dengan harga yang cukup relatif murah, pengunjung dapat menikmati berbagai macam kuliner Makanan Khas dari Polewali Mandar itu sendiri, seperti Nasu Kadundung (Makanan Khas) , dan beberapa makanan Ikan Nila, Ikan Mas, Ayam dan Bebek.

Perspektif masyarakat dengan adanya Rawa Bangun ini sangatlah mendukung terhadap kemajuan pembangunan yang lebih ditingkatkan lagi terhadap daya tarik wisata ini. Yang dimana fungsi dari pembangunannya itu sendiri, agar  wisatawan  yang datang berkunjung dapat merasakan kenyamanan yang lebih maksimal serta pengunjungpun tidak hanya datang berkunjung satu atau dua kali saja di daya tarik wisata Rawa Bangun, akan tetapi wisatawan memiliki kemauan/keinginan yang lebih besar lagi untuk datang berkunjung kembali.  Maka perlunya beberapa tahapan-tahapan pembangunan agar Wisata Alam Rawa Bangun lebih ditingkatkan dalam hal pengelolaannya. Akan tetapi, ditengah pesatnya perkembangan daya tarik wisata Rawa Bangun, masih ada beberapa kekurangan yang terdapat di dalamnya, misalnya, masih kurangnya petunjuk arah (direction),tempat sampah serta akses yang masih terlalu sempit untuk dilalui,.

            Dari aspek promosi, sistem pengelolaan Rawa Bangun masih kurang memadai. Menurut penulis, promosi yang ada di Rawa Bangun masih sangat kurang sehingga wisatawan yang ingin berkunjung sangat sulit untuk mengetahui bahwa di Polewali Mandar terkhusus dikecamatan Binuang terdapat daya tarik wisata Rawa Bangun. Pengertian Promosi merupakan suatu tujuan penting agar para wisatawan yang ingin berlibur dapat mengetahui bahwa disuatu tempat memiliki potensi wisata yang salah satunya berada di Polewali Mandar. Daya Tarik Wisata Alam Rawa Bangun merupakan suatu daya tarik wisata ekowisata (ecotourism) yang diartikan sebagai pariwisata yang berwawasan lingkungan. Jadi, wisatawan yang menyukai tempat wisata berbasis ekowisata dapat mengunjungi dan mempelajari Wisata Alam Rawa Bangun.

            Adapula dampak pariwisata di Polewali Mandar, dapat lebih meningkatkan tingkat kunjungan wisatawan dan membuat wisatawan yang hanya berkunjung ke Sulawesi Selatan juga ingin melakukan perjalanan ke Sulawesi Barat. Maka hal yang perlu dilakukan oleh pihak pengelola yaitu perlunya peningkatan promosi di Wisata Alam Rawa Bangun. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan tingkat kunjungan wisatawan. Sebagai contoh, membuat beberapa postingan-postingan di berbagai macam media sosial, apalagi di era modern sekarang masyarakat lebih melihat sosial media mereka dibanding membaca koran atauapun menonton televisi, sosial media dapat membuat sebuah daya tarik wisata yang belum terekspose di koran ataupun di televisi tetapi berkat adanya sosial media masyarakat yang belum mengetahui tempat tersebut menjadi tahu. Jadi, menurut penulis, pihak pengelola dapat lebih mengekspos tempat mereka dengan memadang di berbagai macam sosial media dan beberapa media cetak elektronik. Agar, wisatawan yang bukan hanya berada di Sulawesi Barat melainkan berada di Sulawesi Selatan maupun Indonesia dapat mengetahui bahwa di Sulawesi Barat potensi akan suatu daya tarik wisatanya.

Selain promosi, yang diperlukan untuk membuat Rawa Bangun menjadi salah satu tujuan utama daya Tarik Wisata Alam yaitu dengan memperhatikan setiap detail kawasan Rawa Bangun agar menjadi lebih baik dan layak untuk wisatawan kunjungi, sehingga pada saat wisatawan berkunjung ke daya tarik wisata (Rawa Bangun) wisatawan tidak merasa kecewa. Ada banyak hal yang dapat memenuhi pendorong seorang wisatawan untuk melakukan perjalanan dan untuk meningkatkan kunjungan wisatawan tersebut bukanlah hal yang sangat mudah, bagi para pengelola harus ada yang memotifasi seorang wisatawan untuk mengunjungi Daya Tarik Wisata tersebut. Oleh karena itu, sebaiknya pengelola menyediakan berbagai macam fasilitas termasuk menambahkan beberapa signboard di sekitaran jalan agar para wisatawan yang ingin berkunjung dapat lebih mudah menemukan akses ke tempat tersebut dan juga dapat bekerjasama dengan beberapa pihak travel untuk mengunjungi suatu destinasi. Sehingga wisawatan tidak hanya berkunjung ke Sulawesi Selatan melainkan wisatawan juga bisa berkunjung  ke Sulawesi Barat apalagi di Rawa Bangun.

Daya tarik wisata Rawa Bangun adalah salah satu potensi yang bisa menjadikan Kabupaten Polewali Mandar menjadi lebih dikenal terkhusus di kecamatan Binuang dan Rawa Bangun. Oleh karena itu, sebaiknya masyarakat yang tinggal disekitar daya tarik wisata Rawa Bangun memperhatikan keamanan dan kebersihan yang ada di Rawa Bangun, terlebih kepada pihak yang mengelolahnya,dalam mengembangkan suatu daya tarik wisata pihak pengelolah sebaiknya memikirkan sejauh mana pembangunan yang akan dilakukan, dan  memikirkan bagaimana dampak dari setiap perkembangan yang ada di daya tarik wisata tersebut (Rawa Bangun).  Tidak dapat dipungkiri banyaknya investor yang secara besar-besaran membuat berbagai macam daya tarik wisata buatan membuat wisatawan merasa lebih tertarik untuk mengunjungi daya tarik tersebut dibandingkan jika wisawatan ingin mengunjungi daya tarik wisata alam (Rawa Bangun) dikarenakan beberapa aspek yang tidak mendukung seperti kurangnya promosi petunjuk arah,akomodasi maupun akses yang sulit untuk dilalui, sehingga sebagai pihak pengelolah  harus dituntut  lebih bisa untuk berkreasi dan selalu memberikan variasi berbeda dalam setiap perkembangan daya tarik wisata ditengah-tengah maraknya pesaing.

Saran kepada pihak pengelolah agar promosi ,fasilitas dan petunjuk arah di daya tariik wisata Rawa Bangun lebih ditingkatkan lagi, terlebih pada konsep pembuatan daya tarik wisata agar wisatawan lebih tertarik dan tidak merasa kesulitan jika ingin mengunjungi Rawa Bangun di Kabupaten Polewali Mandar. Sehingga daya tarik wisata Rawa Bangun dapat menjadi salah satu tujuan wisata utama di Kabuapaten Polewali Mandar.

Ditulis Oleh: Elvira Pratiwi Pualillin
Fitriyanti Pertiwi Yasmina
Nur Ramadhani

Rawa Bangun / Author & Editor

Akun resmi Wisata Rawa Bangun

0 komentar:

Posting Komentar

Coprights @ 2018, Blogger Templates Designed By Syaharuddin Zaruk | Distributed By Wisata Alam Rawa Bangun